Kemah Bela Negara, Dipimin oleh “Gubernur”

JAKARTA– Anggota Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka Kak Rizky Dwi Amanda mengatakan, Kemah Bela Negara Tingkat Nasional di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, pada 2-7 Mei mendatang akan menggunakan sistem pemerintahan untuk mengelola seluruh kegiatan. Layaknya sebut negara, dalam perkemahan itu akan ada gubernur, bupati, sampai camat.

“Warga Perkemahan Bela Negara diibaratkan penduduk sebuah kecamatan, yang seluruh pola kehidupannya disesuaikan dengan aspirasi warganya. Dikelola oleh seorang gubernur perkemahan dan wakil gubernur perkemahan dibantu oleh aparat pemerintah dan dewan adat serta berkoordinasi dengan Sangga Kerja,” ujar Kak Rizky di Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Kak Rizky sebagai Ketua Sangga Kerja menjabat Gubernur Perkemahan Bela Negara. Adapun provinsinya dinamakan Dwikora dengan dua kabupaten yakin, Amai dan Inai. Masing-masing kabupaten terdiri atas dua kecamatan.

“Untuk setiap kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega kita selalu menggunakan sistem pemerintahan, seperti pada saat Raimuna Nasional tahun kemarin,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka lainnya Kak Musdar Asman menambahkan, sistem pemerintahan ini selalu dipakai untuk memudahkan panitia dalam mengelola kegiatan, sekaligus untuk memperkenalkan Pramuka tentang sistem pemerintahan sebuah negara. Sistem semacam ini, kata dia, sudah menjadi ciri khas kegiatan Pramuka.

“Seorang Pramuka diajarkan mengetahui pola manajemen dalam suatu pemerintahan. Itu bagian dari proses pembinaan di mana belajar sambil melakukan. Secara tidak langsung mereka sudah diajarkan mengelolah pemerintahan,” jelasnya.

Diketahui, Kemah Bela Negara Tingkat Nasional ini akan diadakan pada 2-7 Mei 2018 dengan jumlah peserta 1.550 dari seluruh Indonesia. Kemah yang diadakan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka ini rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (HA/AK-pramuka.or.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *