Sebanyak 70 Pramuka Dewasa Ikuti KMD di Kwarran Kedungreja

Cilacapscoutnews, KEDUNGREJA – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kedungreja melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Gedung SMA N 1 Kedungreja. Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari mulai Selasa (26/12) s.d Sabtu (30/12), diikuti sebanyak 70 pembina Pramuka di pangkalan Kedungreja dan beberapa kwarran sekitar.

Kegiatan KMD dibuka oleh Ketua Harian Majelis Pembimbing Ranting Kedungreja Kak Taqrib, M.Pd. Menurutnya KMD merupakan langkah awal untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para anggota dewasa yang akan melaksanakan proses pembinaan Pramuka yang ada di Gugusdepan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini Kakak kakak akan terjun langsung dalam pendidikan dan pelatihan pramuka kepada anak didik, sehingga apa yang didapat dari pelatihan ini agar dipraktikkan dalam pendidikan dan pelatihan pramuka,” katanya.

Jajaran pengurus kwarran Kedungreja bersama ketua Pusdiklatcab Cilacap (Kak Narsim)

Ketua Kwarran Kedungreja Kak Ahmad Faisol mengatakan bahwa Kegiatan KMD ini sangat penting untuk dilaksanakan, merupakan salah satu program kwarran bidang Binawasa dalam upaya terus meningkatkan kualitas para pembina baik secara pengetahuan, skill maupun administrasi.

“Setelah mengikuti kegiatan KMD ini diharapkan para pembina ini mampu menerapkan ilmu-ilmu yang didapatnya selama lima hari ini di gugusdepannya masing-masing. Tidak berhenti sampai di sini, sebagai program kwarran bidang binawasa setelah KMD ini, tahun depan kita akan melaksanakan KML sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini agar nantinya pembina pramuka yang ada di pangkalan benar-benar memahami dan menguasai kepramukaan baik dari pengetahuan, skill dan lainnya dalam membentuk karakter peserta didik.” kata Faiz.

Faiz menambahkan dari ke 70 peserta sebagian besar Pembina putri, sebanyak 56 sedangkan Pembina putra hanya 24 orang.

“Mereka berasal dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se Kwarran Kedungreja dan beberapa kwarran tetangga seperti Sidareja,, Gandrungmangu, Karangpucung dan Kawunganten,” tambahnya. (CSN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *