Pramuka Indonesia Mendapat Penghargaan Pahlawan Pembawa Pesan Perdamaian

Jakarta-Satu lagi prestasi gemilang yang ditorehkan Gerakan Pramuka Indonesia di dunia Internasional yakni meraih penghargaan Pahlawan Pembawa Pesan Perdamaian atau Messengers of Peace (MoP) Hero Award dari Kerajaan Saudi Arabia dan Kerajaan Swedia pada tanggal 21-24 November 2016 pekan lalu. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan kepada Kak Jaenal Mutakin anggota Pramuka dari Kwarcab Kuningan, Jawa Barat, atas dedikasinya menginisiasi sebuah project MoP yaitu Scout Journey for Peace (SJFP).

SJFP adalah MoP dari Indonesia yang mengundang adik-adik Pramuka untuk menyebarluaskan pesan perdamaian di dalam kereta api dan di sekitar stasiun kereta api dengan melakukan kegiatan sosial dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya sangat berterima kasih dan bersyukur kepada Allah SWT karena diberi kesempatan dan kepercayaan untuk menerima MoP Hero award 2016 dan mewakili Gerakan Pramuka Indonesia ke Saudi Arabia. Tentu ini berkat dukungan dari semua pihak, terutama Kwarnas, Kwarda Jabar dan Kwarcab Kuningan yang telah mendukung penuh project ini di tahun 2015. Juga kami ucapkan terima kasih kepada sponsor utama SJFP yakni PT. Kereta Api Indonesia dan Harian Umum Fajar Cirebon.” kata Kak Jaenal saat dihubungi, Selasa (29/11/2016).

Penganugerahan MoP Hero Award langsung diberikan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdul-Aziz Al Saud dan Raja Swedia Carl XVI Gustaf kepada perwakilan 15 negara termasuk Indonesia yakni Kak Jaenal.

Kak Jaenal menjelaskan, menjadi pahlawan pembawa pesan perdamaian sebuah amanah dan kepercayaan besar yang harus dipikul karena merupakan sebuah tanggung jawab moral, agar hidup kita bisa terus bermanfaat bagi orang banyak dan lingkungan sekitar kita. Menurutnya, pesan perdamaian harus terus disebarluaskan kepada setiap orang dimanapun dan kapanpun kita berada.

“Saya berpesan agar adik-adik Pramuka Indonesia terus memacu semangat berkegiatan Pramuka dan terus berkarya dan berprestasi agar Gerakan Pramuka Indonesia yg kita cintai ini terus maju dimasa yg akan datang. Bagi saya penghargaan ini adalah sebuah dedikasi saya dan tim SJFP untuk kemajuan Gerakan Pramuka yg kita cintai.” ucapnya.

Selain menerima Plakat MoP Hero Award, Kak Jaenal juga mendapat hadiah berkesempatan untuk melaksanakan ibadah Umroh satu hari selama di Saudi Arabia.

Sekedar diketahui, MoP Hero Award adalah sebuah apresiasi atau penghargaan bagi anggota pramuka diseluruh dunia dari Raja Arab Saudi dan Raja Swedia karena sudah menginspirasi jutaan pramuka diseluruh dunia dengan project atau program perdamaiannya.(HK)

sumber : pramuka.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *