Kwarnas Beri Bantuan Terhadap Pengungsi Rohingya di Myanmar

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) membuka komunikasi dengan Pramuka di Myanmar yang sudah lama dibekukan semenjak dipimpin oleh rezim militer.

Kak Eko Sulistio selaku Andalan Nasional Kwarnas Bidang Abdimasgana mengatakan, komunikasi dengan Pramuka Myanmar bertujuan untuk mempermudah Kwarnas dalam melakukan aksi kemanusiaan terhadap para pengungsi Rohingya di Kyauk Pyu IDP Camp SittWey.‎ ‎

‎”Kita beri bantuan trauma healing untuk anak-anak di camp-camp pengungsian dan bantuan logistik serta air bersih di camp camp pengungsian,” tuturnya, Kamis (5/5/2016)

Tugas kemanusiaan ini berlangsung dari tanggal 26 April sampai 15 Mei 2016. Dalam menjalankan misinya, Kak Eko dibantu oleh empat orang Scout atau Pramuka dari Myanmar.

Tiba dilokasi, Kak Eko merasa prihatin dan tergugah hatinya untuk saling berbagi terhadap mereka. Sebab, sudah lama ‎para pengungsi Rohingya hidup menderita ditenda-tenda pengungsian tanpa mendapat perhatian penuh dari pemerintah.

“Ditambah cuaca di sini sangat panas akibat El Nino, suhu disini 40 derajat celcius sampai 45,” ungkapnya.

Sebelum berangkat, Kak Eko mendapat perintah dari Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault dan Waka Kwarnas Bidang Hubungan Luar Negeri Kak Ahmad Rusdi untuk menjalin hubungan yang baik dengan Pramuka Myanmar. ‎

“Sebelum berangkat kami mendapat perintah, untuk menjalin hubungan dengan Myanmar Scout,” jelasnya. ‎‎(HA/Humas Kwarnas)

sumber : pramuka.or.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *