Kuat, Pramuka Siaga Yang Kuat dan Menginspirasi

Cilacapscout.com – Sosok inspirasi kali ini adalah sosok bocah yang sama seperti namanya yaitu Kuat. Pramuka Siaga yang aktif dalam mengikuti kegiatan latihan pramuka bernama lengkap Kuat Wahyudin menurut informasi yang berhasil dihimpun cilacapscout.com adalah sosok yang kuat, mandiri dan rajin. Penasaran ingin bertemu pelajar kelas III (tiga) yang tercatat sebagai siswa SDN  Tambaksari 06,. Jum’at 5 Februari 2016 siang sekitar pukul 14.00 WIB bertepatan kegiatan latihan rutin pramuka, tim sengaja menghubungi Pembina pramuka SDN Tambaksari 06 Kecamatan Kedungreja Cilacap tersebut,. Kami meminta ijin untuk bertemu dengan Kuat. Tetapi sayang pada hari itu siswa umur 11 tahun tersebut tidak hadir, karena saat itu hujan dan kata teman-temannya dia sedang ikut tetangganya ke sungai Citanduy muat pasir.

Hari selanjutnya, Sabtu 6 Februari 2016 kami kembali mengunjungi sekolah untuk bertemu Kuat, setelah kembali meminta ijin kepada ibu Sakinah staf pengajar di SD tersebut, kami dipersilahkan untuk bertemu dia (Kuat). Setelah itu nampak ibu guru sibuk mencari Kuat yang entah dimana, memang saat itu kebetulan bertepatan dengan jam istirahat.

“Kuat dimana Kuat?” terdengar dikejauhan ibu guru menanyakan Kuat kepada anak-anak yang sedang bermain.

“ada apa sih bu? Mau difoto yah?” celetuk anak yang mungkin seusia Kuat penasaran.

Tak lama, ibu Sakinah yang juga wali kelas Kuat kembali menemui kami. Nampak dia menggandeng seorang pemuda mungil yang kelihatannya malu dan bingung. Kuat adalah putra pasangan Muhammad Santoso dan Umi Khotimah. Menurut buku induk sekolah, putra pertama ini mempunyai 2 orang adik laki – laki tetapi satu diantaranya telah meninggal dunia sejak kecil. Kuat tinggal tak jauh dari sekolahnya 20 menit perjalanan dari sekolah dengan berjalan kaki, ia tercatat sebagai warga dusun Klepusari Desa Tambaksari RT 06/07 Kecamatan Kedungreja Cilacap.

Cilacap Scout - Kuat Bocah Siaga Yang Kuat 2
Foto Kuat bersama wali kelas sekaligus pembina pramukanya

Sedari kecil Kuat tinggal bersama kedua orang tuanya dan satu orang adik laki – laki. Menurut bu Sakinah, kedua orang tuanya adalah penderita Tunanetra. Keduanya tidak bisa melihat, mereka hanya bekerja sebagai tukang urut yang berpenghasilan tidak besar, keadaan itulah yang “memaksa” keluarganya hidup serba keterbatasan. Selain membantu pekerjaan rumah, Kuat yang bercita-cita menjadi guru itu dituntut mandiri, ia kerap kali membantu tetangganya yang sedang membangun rumah. sempat terkejut kami setelah mendengar jawaban Kuat saat kami menanyakan upah yang didapat dari membantu tetangganya.

“belum, belum pernah”. Jawabnya lugu.

Cilacap Scout - Kuat Bocah Siaga Yang Kuat 3
Foto Kuat bersama kedua orang tuanya yang tuna netra

Dia tidak tahu mau dibayar atau tidak, Kuat juga menjelaskan kalo kegiatannya membantu pekerjaan membangun rumah adalah bukan bekerja tetapi memang niatnya membantu tetangganya yang dia anggap sebagai saudara. Mendengar penjelasannya tim sempat diam sejenak, kagum dan malu yang kami rasakan pada waktu itu. Hingga berita ini diterbitkan, tim cilacapscout.com belum bisa bertemu dengan tetangganya itu. Kuat yang juga hobi memancing, memang tidak terlalu menonjol bidang akademiknya. Meski demikian, menurut Windu teman satu kelas yang tim temui saat sedang bermain. Kuat adalah siswa yang rajin dan tidak nakal di sekolah. Selain itu teman-temannya juga bercerita kalau Kuat biasa membantu orang muat bongkar pasir dari sungai Citanduy ke mobil dengan upah yang tidak seberapa, semua ia lakukan karena memang itu menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan.

Cilacap Scout - Kuat Bocah Siaga Yang Kuat 1
Kuat bersama teman-temannya

“Ngga nakal, sering main bareng, suka mancing juga”. Jelas Windu, teman satu kelas Kuat.

selain itu, Windu juga mengatakan bahwa kuat memang tipikal anak yang suka membantu teman-teman. Kuat memang tak seberuntung teman-teman seusianya. Ketika disisi lain banyak orang tua menyiapkan simulasi agar anak nya menjadi mandiri, suka menolong dan rajin. Tidak dengan Kuat, ia harus langsung praktek di dunia nyata di kehidupannya sendiri, dengan keterbatasan yang dimiliki orang tuanya dia belajar mandiri dan rajin. tim banyak belajar dari pribadi bocah kecil yang bernama Kuat. (Tim)

Cilacap Scout - Kuat Bocah Siaga Yang Kuat 4

Foto Rumah orang tua Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *