Anak Pramuka Harus Tahu, Tanda Alam

TANDA  – TANDA ALAM

Pramuka adalah juga pecinta alam, karena saking cintanya maka harus mengenal tentang alam dan tanda – tandanya.

  1. Kabut

Kabut tipis dan rata membumbung tinggi ke atas berarti kurangnya uap air di udara dan bertanda cuaca akan selalu baik. Cuaca terang benderang pada pagi hari bertanda buruk pada hari itu, apabila kemarin ada hujan. Langit yang ditutupi awan kemudian mulai terang pada pagi hari bertanda cuaca baik. Apabila ada kabut di atas lembah pada pagi hari bertanda cuaca baik, sedang di gunung akan turun hujan.

  1. Awan

Apabila langit diliputi awan yang tebal dan gelap berarti akan turun hujan yang deras.

  1. Matahari

Apabila matahari terbit berwarna merah dan diliputi garis – garis awan yang kehitaman berarti ada hujan, apabila berwarna bersih dan terang bertanda hari baik. Matahari terbit dengan warna kemerah – merahan yang terang bertanda cuaca baik, apabila warna merah dicampuri garis kekuning – kuningan bertanda hujan lebat.

Apabila matahari terbenam dengan warna kekuning – kuningan/orange bertanda ada hujan, apabila dengan warna merah muda atau kekuning – kuningan bertanda baik, warna merah pada matahari terbenam berarti akan ada angin yang cukup kencang.

  1. Bintang

Apabila pada malam hari bintang di langit kelihatan terang sekali, maka pada malam itu cuaca akan baik, sedangkan bila nampak suram bertanda cuaca kurang baik/buruk.

  1. Bulan

Apabila terlihat terang dan bersinar berarti cuaca baik, tapi bila awan diliputi awan yang gelap berarti hujan akan turun.

Apabila ada lingkaran putih yang melingkari bulan berarti tidak ada ketentuan cuaca pada hari itu.

  1. Binatang

Apabila kita perhatikan naluri binatang dengan seksama, yang ada hubungannya dengan cuaca maka, kita akan tercengang atas keganjilan – keganjilan yang dilakukannya dengan cara mereka, antara lain :

  • Laba – laba

Akan bersembunyi bila cuaca akan buruk, dan rajin mengerjakan sarangnya apabila cuaca baik.

  • Semut

Akan tetap di dalam lubangnya bila cuaca akan buruk, apabila mereka keluar dan berjalan mondar – mandir bertanda cuaca akan tetap baik.

  • Lebah

Dengan melihat sarangnya ; pada cuaca baik, mereka berterbangan jauh dari sarangnya/peternakan.

  • Lalat

Apabila akan turun hujan mereka akan hinggap di tembok atau dinding, sedangkan pada cuaca baik mereka akan beterbangan kian kemari.

  • Nyamuk

Apabila di pagi hari mereka mengganggu atau menggigit kita, maka berarti akan turun hujan.Apabila pada matahari terbenam beterbangan kian kemari dan terbang berduyun – duyun bertanda cuaca baik.Apabila selalu beterbangan di tempat yang gelap/di dalam bayang – bayang bertanda cuaca buruk/turun hujan.

  • Cacing

Apabila mereka menimbun tanah berbutir – butir di kebun berarti akan turun hujan.

  • Lintah

Kita dapat membuat barometer dari seekor lintah yang ditaruh di gelas yang berisi air, yaitu : bila lintah melekat pada gelas di atas permukaan air, maka bertanda cuaca akan tetap baik, apabila ia berdiam di dasar gelas bertanda cuaca buruk dalam waktu yang lama, apabila akan datang topan maka ia akan melekat erat – erat di gelas sedang ekornya digerak – gerakan sekeras – kerasnya.

  • Siput

Pada cuaca yang baik akan merayap dengan tenang, sedang pada cuaca buruk akan merayap dengan cepat.

  • Ikan

Akan melompat – lompat di atas air bila cuaca akan buruk.

  • Katak

Pada cuaca buruk akan berdiam dalam air dan pada cuaca baik mereka akan duduk di tepi kolam. Apabila pada malam hari cuacanya baik dimusim kemarau mereka tidak menyanyi maka cuaca buruk akan datang.

  • Ayam

Pada waktu hujan ayam akan berteduh, bila hujan tidak akan lama mereka akan tetap berjalan – jalan dan membiarkan dirinya kehujanan. Apabila mereka selalu mencakar – cakar tanah berarti akan datang hujan.

  • Bebek/Angsa

Mereka nampak tidak senang dan selalu menggigit bulunya (memberi lemak), apabila cuaca akan buruk.

  • Burung Kepinis

Pada waktu cuaca baik mereka akan terbang tinggi sekali karena serangga tinggi pula terbangnya. Apabila terbang rendah sekali bertanda cuaca akan hujan. Bila cuaca buruk dipagi hari maka mereka tidak akan keluar dari sarangnya.

  • Kambing

Apabila akan turun hujan bau badannya akan tercium dari jarak yang lebih jauh dari pada ketika cuaca baik.

  • Kelelawar

Mereka akan terbang mulai senja hari bila cuaca akan baik pada malam hari itu. Bila mereka berdiam di gua maka cuaca akan buruk.

 

  • Asap

Bila asap naik dengan tegak lurus dan tinggi sekali maka cuaca pada hari itu akan tetap baik. Apabila asap naiknya mendatar dengan tanah/rendah maka cuaca akan buruk.

  • Burung Gagak

Apabila hujan akan turun mereka akan terbang berputar – putar di atas sarangnya.

 Tanda – tanda lain apabila cuaca akan buruk :

  • Kucing akan duduk membelakangi api sambil mengusap – usap kepalanya dengan kaki depannya yang dibasahi dengan mulutnya.
  • Bila anjing menggali tanah atau menyembunyikan tulangnya.
  • Burung – burung membasahi bulunya dengan paruhnya.
  • Bila bau bunga tercium semerbak sekali.
  • Burung – burung laut terbang menuju daratan.

 

Itu semua merupakan tanda-tanda alam pada umumnya, namun semua yang akan terjadi hanya Tuhan lah yang tahu yang maha berkehendak, semoga dengan kita mengetahui tanda-tanda tersebut maka kita akan lebih waspada apalagi saat kita sedang melakukan perkemahan dan yang paling utama adalah kita selalu mohon perlindungan Allah SWT. Semoga kita selalu diridloi. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *